ДОБРО ПОЖАЛОВАТЬ !!!

IT'S MY BLOG .. ENJOY IT :)

Minggu, 13 Maret 2011

ISTORIJA RUSSKOI LITERATURA - MAKALAH

KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmatnya dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada dosen matakuliah Istorija Russkoi Literaturi, teman-teman, serta keluarga saya yang telah mendukung saya dalam menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini penulis buat untuk memenuhi nilai Ujian Akhir Semester genap dalam mata kuliah Istorija Russkoi Literaturi. Dengan membahas seorang sastrawan Rusia pada abad-20, yaitu Alexander Blok, penulis berharap akan berguna untuk siapa saja yang membacanya. Untuk menambah pengetahuan tentang sejarah sastrawan Rusia serta karya-karya sastranya.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin .





Penulis


23 mei 2010





ii
BAB 1
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME yang sudah diberikan akal dan pikiran memang seharusnya mengetahui berbagai macam sejarah yang terjadi di dunia ini. Orang-orang yang berperan penting dalam terjadinya suatu sejarah, serta karya-karya yang menjadi budaya disetiap negara. Maka itu kita harus mempelajari sejarah tersebut.
Identifikasi Masalah
• Kapan dan dimana kehidupan Alexander Blok ?
• Bagaimana kehidupan Alexander Blok ?
• Kapan dan mengapa Blok memulai menjadi Penyair ?
• Bagaimana kisah perjalanan hidupnya ?
• Bagaimana disaat-saat akhir hidupnya ?
• Dan, apa saja karya puisinya ?
Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua.
Metode Penulisan
Penulis mempergunakan metode observasi dan kepustakaan. Cara-cara yang digunakan pada penelitian ini adalah : membaca sumber-sumber referensi baik buku ataupun internet yang berhubungan dengan penulisan makalah ini.






1
BAB 2
PEMBAHASAN
ALEXANDER BLOK
Bernama lengkap Alexander Aleksandrovich Blok. Blok dilahirkan di St.Petersburg, Rusia pada 16 november 1880. Dia adalah seorang penyair yang paling berbakat dari Rusia setelah Alexander Pushkin. Ayahnya adalah wartawan, filusuf, serta profesor fakultas hukum di Universitas Petersburg. Ibunya bernama Alexandra Andreyevna, adalah seorang penulis cerita anak-anak, penerjemah, dan ia adalah putri dari seorang botani terkemuka bernama AN Beketov.
Pada tahun 1889, ibu blok menikah lagi, dan ia lebih memilih untuk tinggal bersama kakeknya di Shakhmatovo. Ia menghabiskan musim panasnya di Shaklumatovo, pertengahan antara Petersburg dan Moskow. Pada usianya yang ke-14 tahun, ia sudah menjadi editor The Messenger. Ibu, nenek, kakek, paman, dan bibinya lah yang menjadi kontribusinya dalam berkarya.
Blok sendiri menulis ayat sentimental saat dia hidup di Shakhmatovo yang indah itu. Pada saat usianya yang ke-16 tahun, dia menjadi sangat tertarik dan terpesona dengan dunia teater, terutama dengan karya Shakespear.
Pada tahun 1891 Alexander Blok memulai studinya di St.Petersburg. kemudian ia berkuliah difakultas hukum Universitas Ptersburg. Namun, pada tahun 1901, dia pindah ke departemen Slavia-Rusia. Dia belajar tentang philological bersejarah di Universitas ini. Ia lulus dengan gelar pertamanya pada tahun 1906.
Saat masih menjadi mahasiswa, ia mulai menulis puisi. Dan koleksi pertamanya adalah “Ayat tentang wanita cantik”. Karyanya ini diterbitkan pada tahun 1904, dan setelah itu diikuti oleh “The City” (1906), lalu “Mask of Snow” (1907). Blok berpendapat didalam puisinya, bahwa peradaban Rusia individualistis itu tanpa keutuhan telah runtuh bersama dengan humanisme dan nilai-nilai etika.
Dalam puisi pertamanya yang berjudul “Ayat tentang wanita cantik” (1904), blok memberikan makna transenden yang muncul secara biasa. Motif yang digunakan oleh blok dalam buku itu adalah jarak, fajar, matahari terbenam, biru, dan pertanda misterius, serta gereja simbolisme yang melimpah.
2
Sebagai mahasiswa, blok telah mengambil bagian dalam Revolusi 1905, dan juga menyambut baik revolusi oktober. Hal ini tercermin dalam puisinya tentang Pahlawan Merah “Duabelas” (1918) yang telah membuat banyak kritikus percaya akan karya sastra yang paling penting. Blok bekerjasama dengan Maxim Gorky dan Anatoli Lunacharsky, rakyat komisaris pendidikan dan pencerahan setelah revolusi.
Pada tahun 1903, dia menikah dengan putri dari seorang ahli kimia terkenal Mendeleev, yang bernama “Lyubov (lyuba) Dimitrievna Mendeleeva”. Blok mempersembahkan sebuah puisi untuk istrinya, dan puisi itu jugalah yang membawa blok terkenal. Puisi itu berjudul, “Stikhi o prekrasnoi dame” (Ayat tentang wanita cantik,1904)
Gambaran mistik ideal yang disajikan dalam buku pertamanya membantu blok menjadi pemimpin gerakan simbolis Rusia. Inspirasi puitisnya datang begitu saja secara alami sehingga menghasilkan karya yang tak terlupakan. Gambaran dunia lain yang keluar dari lingkungan yang paling dangkal serta peristiwa yang spele.
Citra St.Petersburg ia ciptakan pada koleksi puisi berikutnya yaitu “The City” (1904-1908). Puisi ini menggambarkan tentang kota St.Petersburg yang baik dilihat dari sisi impresionistis serta dari sisi menakutkannya. Ia pun juga tak jarang dibanding-bandingkan dengan Alexander Pushkin dan seluruh Silver age dari Rusia.
Blok hampir universal dikagumi oleh rekan-rekan sastranya. Dan pengaruhnya pada penyair muda itu hampir tak tertandingi.
Selama periode akhir hidupnya, blok berkonsentrasi pada tema politik, memikirkan bagaimana nasib negaranya (vozmezdie, 1910-1921;Rodina, 1907-1916;Skify, 1918), dipengaruhi oleh doktrin solovyov, ia sering terombang-ambing karena dibayang-bayangi oleh kekhawatiran apokaliptik antara harapan dan putus asa.
Blok mengungkapkan pandangannya tentang revolusi dalam puisinya yang berjudul “Duabelas” (1918). Puisi yang panjang, dengan menciptakan suasana suara hati berirama polifonik dan kasar, serta bahasa yang berlogat populer. Puisi ini menggambarkan tentang perjalanan duabelas tentara Bolshevik (disamakan dengan duabelas rasul yang mengikuti kristus) melalui jalan-jalan revolusioner petograd, dan disertai dengan badai salju yang dingin dan ganas mengamuk disekitar mereka.
Alexander Blok diakui sebagai salah satu penyair yang paling penting dari abad ke-20, membayangkan output puisinya yang terdiri dari 3 volume. Volume pertama berisi puisi awal tentang fair lady yang berwarna dominannya adalah putih, jilid kedua berwarna biru.
3
Volume ketiga, yang menampilkan puisi-puisinya dari tahun-tahun Pra-Revolusioner, baik dalam api ataupun merah berdarah.
Dalam puisi-puisi blok, warna sangatlah penting, karena ia menyampikan intimasi hal mistis diluar pengalaman manusia. Biru atau ungu adalah warna frustasi, ketika para penyair memahami bahwa harapan untuk melihat wanita adalah palsu. Warna kuning dari lentera jalan, jelndela, dan matahari terbenam adalah warna pengkhianatan. Hitam menggambarkan sesuatu yang mengerikan dan berbahaya.
Blok menjadi penyair karena ia sangat sensitif. Blok juga dikenal karena dramanya yang dipentaskan oleh sutradara terkenal, Vsevolod Meyerhold. Dan drama itu berjudul “Balaganchik” pada tahun 1906.
Dari awal karirnya, blok sendiri menganggap ekspositoris prosa merupakan bagian penting dari warisan kreatifitas yang hampir setara dengan puisinya. Tidak mengherankan kalau blok diakui sisi perutasinya sebagai penulis esai dalam jurnal simbolis dengan halus dan estesis.
Pada tahun 1906, ketika ia lulus dari fakultas filologi St.Petersburg University, blok sudah menjadi seorang penyair yang diakui. Pada tahun 1907 sampai dengan 1908, blok menulis resensi untuk majalah “GOLDEN FLEECE”. Evaluasi artikel-artikelnya dengan gabungan sastra kontempprer, serta kerinduan masa lalu kepada Rusia.
Selama perang dunia 1, blok menjavat sebagai pegawai diperusahaan insinyur maju. Dia disambut denga simpatik pada revolusi tahun 1917. Puisinya yang berjudul “The Twelve” (1918) memanglah sebuah lirik gabungan dan narasi tentang sekitar 12 pasukan pengawal merah pada patroli kota. Mensintesis nilai-nilai kristiani dan prinsip-prinsip reformis.
Sebagai salah satu penyair Rusia yang paling menonjol dibagian awal abad ke-20, Alexander Blok adalah seorang sastrawan romantisme sejati dimasanya. Menulis puisi di era silver. Ia dibesarkan dalam keluarga ibunya, dengan lingkungan yang kaya akan intelektual, dimana bakat dan potensi ini mendukungnya.
Blok mulai menulis sajak pada saat ia berusia 5 tahun, tetapi karya pertamanya yang serius datang pada usianya yang ke-18 tahun. Upaya pertamanya terinspirasi oleh puisi romantis dari sastrawan abad ke-19 yaitu, Vasily Zhukovsky dan Alexander Pushkin. Pada saat ini, blok sudah dibawah pengaruh filsafat dan puisi mistis dari Vladimir Solovyev. Dan istrinyalah yang menjadi inspirasi utama dalam karyanya.
Awal puisi blok itu sebagian besar didedikasikan untuk seorang wanita yang penuh simbol dan mistisisme.
4
Hal ini mencerminkan pandangan impresionistis dari dunia sekitarnya. Koleksi puisi berikutnya berbeda nyata dari yang pertama dan digambarkan kehidupan sehari-hari, peristiwa revolusiner psikologi manusia dan cinta tragis dalam karyanya ini.
Sebelum revolusi tanuh 1917, blok menulis dalam buku hariannya, bahwa ia tahu “peristiwa besar itu datang”, dan pikiran serta kekhawatirannya tentang masa depan Rusia yang tercermin dalam ayatnya serta esai politik dan sosial. Pada tahun 1916, blok pernah ikut ambil peran dalam pertempuran aktif selama perang dunia 1, dan disajikan dengan unit teknik dekat kota Pskov samapai dengan maret 1917.
Anehnya, sebagian besar rekan-rekannya dan pengagum blok antusian menyambut baik revolusi Rusia pada tahun 1917. Dia menganggap ledakan kekuasaan mengalami katarsis dan meningkatkan kreativitas yang dimahkotai dengan puisi-puisinya yang paling terkenal, “The Twelve”.
Blok menjadi sangat kecewa dengan metode Bolshevik yang cenderung mengatur, dan tak lama kemudian ia bahkan berhenti menulis puisi. Pada tahun 1918 sampai dengan 19121 ia bekerja sebagai esais, editor, penerjemah, penerbit, dan pekerja teater di organisasi pemerintahan.
Dari waktu ke waktu blok mulai membacakan ayatnya di depan publik, tepatnya di St.Ptersburg dan Moskow. Pidato terakhirnya yang luar biasa pada Februari 1921 dan didedikasikan untuk alexander pushkin. Blok menganggapnya sebagai penyair terbesar sepanjang masa yang mampu menyatukan Rusia dalam waktu yang sulit dimasa perang sipil Rusia.
Saat blok merasa kecewa dengan revolusi dunia pada tahun 1921 dan dia berhenti menulis. Blok pun mengeluh kepada Maxim Gorky bahwa ia telah menyerahkan imannya dalam kebijakan manusia. Beberapa hari kemudian blok jatuh sakit. Blok dianjurkan oleh dokternya agar dikirim keluar negri untuk perawatan medis yang lebih baik, tetapi dia tak diijinkan untuk meninggalkan negaranya. Namun, karena bantuan Gorky, akhirnya blok dibolehkan untuk pergi keluar negri pada tanggal 6 agustus, malam sebelum dia meninggal.
Alexander blok meninggal pada tanggal 7 agustus 1921 di Petograd dengan penyebab penyakit yang tidak diketahui. Meskipun diyakini karena depresi dan gelisah, serta kelelahan fisik. Namun beberapa orang mengatakan bahwa, bersama dengan kematian blok yang misterius itu, Rusia Pra-Revolusi tua itu juga hilang.


5



BEBERAPA KARYA PUISI ALEXANDER BLOK :
Музе
Есть в напевах твоих сокровенных
Роковая о гибели весть.
Есть проклятье заветов священных,
Поругание счастия есть.

И такая влекущая сила,
Что готов я твердить за молвой,
Будто ангелов ты низводила,
Соблазняя своей красотой...

И когда ты смеешься над верой,
Над тобой загорается вдруг
Тот неяркий, пурпурово-серый
И когда-то мной виденный круг.

Зла, добра ли? - Ты вся - не отсюда.
Мудрено про тебя говорят:
Для иных ты - и Муза, и чудо.
Для меня ты - мученье и ад.

Я не знаю, зачем на рассвете,
В час, когда уже не было сил,
Не погиб я, но лик твой заметил
И твоих утешений просил?

Я хотел, чтоб мы были врагами,
Так за что ж подарила мне ты
Луг с цветами и твердь со звездами -
Всё проклятье своей красоты?



6
И коварнее северной ночи,
И хмельней золотого Аи,
И любови цыганской короче
Были страшные ласки твои...

И была роковая отрада
В попираньи заветных святынь,
И безумная сердцу услада -
Эта горькая страсть, как полынь!

29 декабря 1912
В ресторане
Никогда не забуду (он был, или не был,
Этот вечер): пожаром зари
Сожжено и раздвинуто бледное небо,
И на жёлтой заре - фонари.

Я сидел у окна в переполненном зале.
Где-то пели смычки о любви.
Я послал тебе чёрную розу в бокале
Золотого, как нёбо, аи.

Ты взглянула. Я встретил смущённо и дерзко
Взор надменный и отдал поклон.
Обратясь к кавалеру, намеренно резко
Ты сказала: "И этот влюблён".

И сейчас же в ответ что-то грянули струны,
Исступлённо запели смычки...
Но была ты со мной всем презрением юным,
Чуть заметным дрожаньем руки...

Ты рванулась движеньем испуганной птицы,
Ты прошла, словно сон мой легка...
И вздохнули духи, задремали ресницы,
Зашептались тревожно шелка.




7
Но из глуби зеркал ты мне взоры бросала
И, бросая, кричала: "Лови!.."
А монисто бренчало, цыганка плясала
И визжала заре о любви.

19 апреля 1910
Незнакомка
По вечерам над ресторанами
Горячий воздух дик и глух,
И правит окриками пьяными
Весенний и тлетворный дух.

Вдали над пылью переулочной,
Над скукой загородных дач,
Чуть золотится крендель булочной,
И раздается детский плач.

И каждый вечер, за шлагбаумами,
Заламывая котелки,
Среди канав гуляют с дамами
Испытанные остряки.

Над озером скрипят уключины
И раздается женский визг,
А в небе, ко всему приученный
Бесмысленно кривится диск.

И каждый вечер друг единственный
В моем стакане отражен
И влагой терпкой и таинственной
Как я, смирен и оглушен.

А рядом у соседних столиков
Лакеи сонные торчат,
И пьяницы с глазами кроликов
"In vino veritas!" кричат.




8
И каждый вечер, в час назначенный
(Иль это только снится мне?),
Девичий стан, шелками схваченный,
В туманном движется окне.

И медленно, пройдя меж пьяными,
Всегда без спутников, одна
Дыша духами и туманами,
Она садится у окна.

И веют древними поверьями
Ее упругие шелка,
И шляпа с траурными перьями,
И в кольцах узкая рука.

И странной близостью закованный,
Смотрю за темную вуаль,
И вижу берег очарованный
И очарованную даль.

Глухие тайны мне поручены,
Мне чье-то солнце вручено,
И все души моей излучины
Пронзило терпкое вино.

И перья страуса склоненные
В моем качаются мозгу,
И очи синие бездонные
Цветут на дальнем берегу.

В моей душе лежит сокровище,
И ключ поручен только мне!
Ты право, пьяное чудовище!
Я знаю: истина в вине.

24 апреля 1906, Озерки







9
TUGAS AKHIR SEMESTER GENAP
ALEXANDER ALEXANDROVICH BLOK

NAMA : NUR FITRYANI
NPM : 180710090031
MATA KULIAH : ISTORIJA RUSSKOI LITERATURI
DOSEN : ONNY DELISMA







UNIVERSITAS PADJADJARAN
SASTRA RUSIA
PRODI
2009/2010
JATINANGOR
i
DAFTAR PUSTAKA :
http://www.custom-essay.net/essay-encyclopedia/Alexander-Blok.htm
http://amediavoz.com/blok.htm
http://www.answers.com/topic/alexander-blok
http://rt.com/russia_now/russian_literature/
http://www.homeenglish.ru/articlesblok.htm
http://webmmlc.northwestern.edu/~mdenner/demo/poetpage/blok.html
http://russianpoetry.net


































11
BAB 3
PENUTUP

KESIMPULAN :
• Lahir pada 16 November 1880.
• Alexander Blok tidak mempunyai keluarga yang harmonis karena orangtuanya berpisah.
• Seorang penyair berbakat setelah Alexander Pushkin.
• Mulai menulis puisi saat masih menjadi mahasiswa di St.Petersburg.
• Puisi pertamanya berjudul “Stikhi O prekrasnoi dame”.
• Puisinya “The Twelve” membuktikan bahwa Blok menyambut baik dan ikut mengambil bagian dalam revolusi oktober.
• Blok meninggal pada 7 Agustus 1921.

SARAN :
Sebagai Mahasiswa sastra Rusia sudah sebaiknya kita cermat dan rajin untuk mempelajari tentang perjalanan sastrawan Rusia, perkembangan, simbolis, dan kontribusi apa saja yang ada dalam hidup sastrawan tersebut. Bagaimana perjalanan hidup sastrawan tersebut, ataupun mempelajari dan mengerti makna karya-karya sastra dari para sastrawan tersebut. Maka itu pentingnya kita mempelajari kesusastraan adalah untuk memperbanyak pengetahuan kita tentang kesusastraan Rusia.




















10
DAFTAR ISI

COVER ……………………………………………………………………………………… i
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………. ii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………….. iii
BAB 1
PENDAHULUAN ………………………………………………………………………… 1
BAB 2
PEMBAHASAN ………………………………………………………………………….. 2
BAB 3
PENUTUP …………………………………………………………………………………. 10
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………. 11

















iii

2 komentar:

ahdoy mengatakan...

Saya jadi tertarik membaca karya-karya Aleksandr Blok setelah baca ini :]

ahdoy mengatakan...

Saya jadi tertarik membaca karya-karya Aleksandr Blok setelah baca ini :]